Login


| Recover Password
 

Perumnas Bisa Seperti Housing Development Board

Zulfi Syarif Koto, Ketua Housing Urban Development (HUD) Institute berharap Perum Perumnas kedepannya bisa seperti Housing Development Board (HBD) di Singapura yakni wadah yang dibentuk untuk menyediakan rumah bagi masyarakat berpendapatan rendah. Sehingga rencana pemerintah merevitalisasi dan memperkuat peran Perum Perumnas melalui perubahan PP No. 15 tahun 2004 tentang Perum Perumnas patut didukung sepanjang arahnya menyedeiakan rumah layak huni bagi masyarakat berpendapatan rendah, kata Zulfi Syarif Koto, saat dihubungi, Kamis pekan lalu.

Peraturan ini direvisi diantaranya untuk memperbaiki peran Perum Perumnas, salah satunya agar bisa mengolah bank tanah (land bank) dan pengelola perumahan rakyat. Zulfi Syarif koto berpandangan, PP diterbitkan karena pemerintrah mau Perum Perumnas seperti Housing Development Board Singapura, sebagai penyedia public housing. “Saat ini Perumnas mendapatkan PMN Rp 1 triliun, namun jumlahnya semestinya lebih besar lagi mengingat selama ini pemerintah kita dari masa ke masa masih lalai mengurus perumahan. Negara wajib hadir (sediakan rumah bagi rakyat),” ujar dia.

Lebih lanjut, Zulfi mengatakan, Indonesia harus berani meniru Singapura, Thailand atau Filipina yang masalah perumahannya ditangani dengan baik oleh negara. “Idealnya PP Perumnas langsung dibawah Presiden tidak di bawah BUMN. Karena rumah itu kan hak rakyat, negara wajib hadir. HDB Singapura ada di bawah Presiden,” tambahnya.

Dia mencontohkan, di Singapura ada lembaga pembiayaan perumahan dan ada lembaga yang khusus membangun perumahan dan menawarkan suku bunga murah. “kalau kita bandingkan, di Indonesia bisa 7-8 persen. Sedangkan kalau di Singapura dan Malaysia, suku bunganya hanya 1-3 persen,” jelasnya.

Hal senada diungkapkan Direktur Eksekutif Youth Forum for Sustainable Development (YFSD) Ramadhan Dhani Isa. Menurutnya, fungsi utama Perum Perumnas perlu dikembalikan seperti zaman Orde Baru (Orba).

 

Sumber  : Indo Pos (30/3)

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>